Mencari Titik Temu antara Pendidikan HAM dan Transformasi Konflik: Refleksi Pengalaman dari Lapangan

Atikah Nuraini

Abstract


Dalam dua dekade terakhir, hubungan antara pendidikan hak asasi manusia dan transformasi konflik semakin menarik perhatian. Hubungan ini dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti, dampak konflik atau krisis terhadap kerja-kerja pendidikan HAM, bagaimana pendidikan HAM berkontribusi dalam pembangunan perdamaian dan transformasi konflik, serta transformasi seperti apa yang diperlukan untuk mendukung upaya pendidikan HAM di tengah masyarakat yang mengalami konflik. Makalah ini ditulis berdasarkan tinjauan pustaka, wawancara dengan para pendidik dan praktisi HAM untuk merefleksikan praktik lapangan atau pengalaman mereka dalam situasi konflik atau pasca konflik dan hubungan antar aktor, dan menghindari pendekatan pemenuhan HAM yang terlalu legalistik.  Penulis berpendapat bahwa Pendidikan HAM dan transformasi konflik harus dianggap saling melengkapi untuk mengisi 'kesenjangan' satu sama lain dan berkontribusi pada pemahaman yang lebih holistik tentang teori dan praktik di masing-masing bidang. Untuk transformasi konflik, perspektif HAM membantu untuk menangani konflik berbasis struktural, terutama dengan fokus pada peran negara, sistem pemerintahan dan hubungan kekuasaan yang dapat menghasilkan, mendorong, dan mengubah konflik kekerasan. Sementara mempertimbangkan transformasi konflik dalam penegakan dan pemajuan HAM akan membantu kita untuk melihat akar penyebab, siklus kekerasan, dinamika dan relasi antar aktor, dan menghindarkan analisis HAM yang bersifat legalistik saja.  

Keywords


Pendidikan HAM, Transformasi Konflik, Membangun Perdamaian

References


Aceh Kita. 2005. Nota Kesepahaman antara Pemerintah Republik Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka. https://www.acehkita.com/wp-content/uploads/2011/11/aceh_mou_bahasa.pdf

BBC. 25 Juli 2019. “Pengungsi Nduga, Papua: 'Berhari-hari di luar, bisa mati kelaparan di hutan”, https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-49113687

BPHN. 2011. Laporan Pengkajian Hukum tentang Mekanisme Penanganan Konflik Sosial. https://www.bphn.go.id/data/documents/pkj-2011-10.pdf

Bernath, Tania, Tracey Holland, and Paul Martin. 1999. “How can human rights education contribute to international peace-building?” https://www.tc.columbia.edu/cice/pdf/25649_2_1_Bernath_Holland_Martin.pdf.

Dudouet, Véronique, and Beatrix Schmelzle. 2010. Human Rights and Conflict Transformation: The Challenges of Just Peace. Berlin: Berghof Foundation.

Escola de Cultura de Pau. Alert 2021! Report on conflicts, human rights and peacebuilding. Barcelona: Icaria, 2021

HIIK. 2021. Conflict Barometer 2020. The Heidelberg Institute for International Conflict Research (HIIK), https://hiik.de/wp-content/uploads/2021/03/ConflictBarometer_2020_1.pdf

Holland, Tracey. 2010. Human Rights Education in Peace-building: A look at where the practice has come from, and where it needs to head. New York: Human Rights & Human Welfare (HRHW). http://www.du.edu/korbel/hrhw/working/2010/62-holland-2010.pdf.

Komnas Perempuan. 2009. Pelapor Khusus Komnas Perempuan untuk Poso, 2009: Ringkasan Eksekutif. https://drive.google.com/file/d/1f2JBekRjuspMfpJKwBwnUJhdv4dqn_bb/view

Manikkalingam, Ram. June 2006. Is there a tension between human rights and conflict resolution? A conflict resolution perspective. Calgary, Canada: Armed Groups Project, Latin American Research Centre, University of Calgary. https://reliefweb.int/sites/reliefweb.int/files/resources/6B68B8DC96B4DFFDC12574A600328FFB-agp_Jun2006.pdf.

McLeod, Julie. 2014. “A peaceful pedagogy: Teaching human rights across the curriculum.”

Procedia - Social and Behavioural Sciences 152:1225-1232. https://core.ac.uk/download/pdf/82404413.pdf.

Mertus, Julie, and Jeffrey W. Helsing. 2006. Human Rights and Conflict: Exploring the Links between Rights, Law and Peacebuilding. Washington DC: United States Institute of Peace.

OHCHR. 2011. “United Nations Declaration on Human Rights Education and Training (2011).” OHCHR. https://www.ohchr.org/EN/Issues/Education/Training/Compilation/Pages/UnitedNationsDeclarationonHumanRightsEducationandTraining(2011).aspx.

Parlevliet, Michelle. 2010. “Rethinking Conflict Transformation from a Human Rights Perspective.” In Human Rights and Conflict Transformation: The Challenges of Just Peace. Berghof Conflict Research. www.berghof-handbook.net.

Parlevliet, Michelle. 2017. “Human Rights and Peacebuilding: Complementary and Contradictory, Complex and Contingent”. Journal of Human Rights Practice. December 2017. DOI: 10.1093/jhuman/hux032

Reimers, Fernando M., and Connie K. Chung. 2010. “Education for Human Rights in Times of Peace and Conflict.” Development 53 (4). www.sidint.org/development/.

United Nations. 1992. An Agenda for Peace: Preventive Diplomacy, Peacemaking and Peace-Keeping, Report of the Secretary-General Boutros Boutros-Gali pursuant to the statement adopted by the Summit Meeting of the Security Council on 31 January 1992

United Nations,. 2017. “Declaration on the Right to Peace : Resolution/adopted by the General Assembly.” Refworld. https://www.refworld.org/docid/589c72134.html.

United Nations. 2017. World Programme of Human Rights Education: Plan of Action. OHCHR. https://www.ohchr.org/Documents/Publications/ThirdPhaseWPHREducation.pdf.

University of Peace. 2020. Promoting peace, human rights and dialogue among civilizations. San Jose: UPeace Press. https://www.upeace.org/files/Publications/Promoting%20peace%2C%20human%20rights%20and%20dialogue%20among%20civilizations.pdf.

Narasumber Wawancara

Akter, Nasrin. 15 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Anonim. 15 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Gebze, Beatrice. 12 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Husna, Azharul. 14 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Indah, Ikhana. 7 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Lamasitudju, Nurlaela. 14 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Lapaan, Juandini. 13 Desember 2021. Diskusi daring dengan Penulis.

Pereira, Manuela L. 17 Desember 2021. Diskusi Daring dengan Penulis.




DOI: https://doi.org/10.58823/jham.v15i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © KOMNAS HAM 2021

Jln. Latuharhary No 4B, Menteng - Jakarta Pusat

Telp.+621 3925230