ODHIV dan Penerapan Pendekatan Bersentra Kebutuhan Individu/Person-Centered Approach di Layanan HIV (Studi Kasus Enam ODHIV Terkait Pemenuhan Hak atas Kesehatan)

Yossa Nainggolan

Abstract


Orang yang hidup dengan HIV (ODHIV) adalah kelompok rentan yang mengalami stigma, diskriminasi, dan perlakuan tidak menyenangkan ketika mengakses layanan kesehatan. Pendekatan yang bersentra kebutuhan individu atau Person-Centered Approach (PCA) merupakan pendekatan yang relevan dalam upaya pemenuhan hak atas kesehatan untuk kelompok rentan. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip hak asasi manusia yang memposisikan individu sebagai subyek yang dapat menentukan sendiri kebutuhan terbaik bagi dirinya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, studi ini hendak menggambarkan penerapan PCA yang mencakup pemahaman dan perilaku individu melalui studi kasus enam ODHIV dengan metode analisa deskriptif.  Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan PCA sangat bermanfaat memudahkan penjangkauan secara fisik layanan HIV, mendorong ODHIV rutin mengunjungi layanan dan mengonsumsi obat, meningkatkan kualitas hidup ODHIV sekaligus kualitas layanan HIV, menghapus stigma dan diskriminasi, dan yang terpenting, ODHIV merasa lebih bahagia menjalani kehidupannya. Saran-saran dari studi ini, selain PCA harus dipertimbangkan menjadi pendekatan utama kebijakan layanan HIV adalah mendorong ODHIV dan petugas layanan memahami dan menerapkan PCA serta melakukan kolaborasi  antara ODHIV dan petugas layanan melalui berbagai program/kegiatan bersama di antaranya menghidupkan kembali Expert Patient Trainers (EPT).


Keywords


ODHIV, Hak atas Kesehatan, Person-Centered Approach

References


Buku

Australian Institute of Professional Counesious. Persons-centred Therapy. J & S Garrett Pty Ltd, n.d.

Komnas HAM. Komentar Umum Nomor 14 Kovenan Internasional Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Komnas HAM, 2009.

Paryati, Tri, Ardini S. Raksanagara, dan Irvand Afriandi. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stigma dan Diskriminasi Kepada ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) oleh Petugas Kesehatan: Kajian Literatur. Pustaka Unpad, 2013.

Singgi, Arinta Dea Dini, dan Naila Rizqi Zakiah. Kajian Hukum dan Kebijakan HIV di Indonesia. Diedit oleh Ajeng Larasati dan Ricky Gunawan. LBH Masyarakat, 2017.

Jurnal

Lindayani, Linlin. “A Novel of Biomedical Approach for HIV Prevention: An Integrated Literature Review.” Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia 3, no. 1 (Desember 30, 2017): 39.

Maharani, Riri. “Stigma dan Diskriminasi Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) pada Pelayanan Kesehatan di Kota Pekanbaru Tahun 2014.” Jurnal Kesehatan Komunitas 2, no. 5 (November 1, 2014): 225–232.

Sofia, Rizka. “Stigma dan Diskriminasi terhadap Odha (Studi pada Tenaga Kesehatan di Puskesmas Tanah Pasir Aceh Utara).” AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh 2, no. 1 (Februari 16, 2018): 79.

Internet

Ayu, Rizaty Monavia. “Kasus HIV di Indonesia Terus meningkat ADIS Cenderung Turun.” Kata Data. Last modified 2021. Diakses Desember 23, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/02/kasus-hiv-di-indonesia-terus-meningkat-aids-cenderung-turun.

Kusumowardoyo, Chrysant Lily. “Pendidikan HIV: Bergerak dari Pendekatan Bio-Medical ke Bio-Social untuk Mengurangi Stigma dan Diskriminasi.” Kebijakan AIDS Indonesia. Last modified 2015. Diakses Desember 28, 2021. https://www.kebijakanaidsindonesia.net/en/article/correspondence/1066-pendidikan-hiv-bergerak-dari-pendekatan=bio=medical-ke bio-social-untuk-mengurangi-stigma-dan-diskriminasi.

Manafe, Dina. “Masih tinggi jumlah ODHA yang Putus Pakai Obat’.” Berita Satu. Last modified 2021. Diakses Desember 24, 2021. https://www.beritasatu.com/kesehatan/587824/masih-tinggi-jumlah-odha-yang-putus-pakai-obat-arv.

National Disability Practitioners. “What is a persons Centred approach?” Last modified 2016. Diakses Desember 23, 2021. https://www.ndp.org.au/images/factsheets/346/2016-10-person-centred-approach.pdf.

NSW Government. “What is a person-centred approach?” Diakses Desember 20, 2021. https://www.health.nsw.gov.au/mentalhealth/psychosocial/principles/Pages/person-centred.aspx.

WHO. “Expert Patient-Trainers.” Last modified 2022. Diakses Desember 24, 2021. https://www.who.int/3by5/capacity/expert/en/ .




DOI: https://doi.org/10.58823/jham.v15i1.116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Copyright © KOMNAS HAM 2021

Jln. Latuharhary No 4B, Menteng - Jakarta Pusat

Telp.+621 3925230